PROFIL KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KUADRAT BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • CATUR FEBRIANA

Abstract

Pada dasarnya setiap individu adalah unik. Masing-masing mengalami proses perkembangan yang berbeda. Salah satu perbedaan itu adalah perbedaan kemampuan siswa untuk menghadapi masalah, termasuk masalah matematis. Kemampuan matematika siswa dibedakan menjadi 3 yaitu kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Perbedaan kemampuan tersebut berdampak pada perbedaan kemampuan siswa untuk memahami suatu konsep matematika. Teori APOS menyatakan bahwa pemahaman tentang konsep matematika merupakan hasil dari konstruksi atau rekonstruksi dari objek-objek matematika. Konstruksi atau rekonstruksi tersebut dilakukan melalui aktivitas aksi, proses, dan objek yang dikoordinasikan dalam suatu skema untuk menyelesaikan masalah. Sehingga untuk mengetahui pemahaman seseorang terhadap suatu konsep matematika tertentu dapat menggunakan teori APOS. Disisi lain, fungsi kuadrat merupakan materi yang termuat dalam UAN SMA, sehingga siswa harus benar-benar memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan profil kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat berdasarkan teori APOS ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa kelas X MAN Sumberoto, yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda yaitu 1 subjek berkemampuan tinggi, 1 subjek berkemampuan sedang, dan 1 subjek berkemampuan rendah. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan matematika, tes penyelesaian soal, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan tinggi mampu melakukan aksi dan proses untuk membangun sebuah objek sehingga terbentuk skema trans, subjek berkemampuan sedang mampu melakukan aksi dan proses untuk membangun objek tetapi masih mengalami kesulitan untuk menginterkoneksikan ketiga hal tersebut sehingga skema yang dimiliki subjek merupakan skema inter, subjek berkemampuan rendah hanya mampu melakukan aksi tetapi belum mampu melakukan proses dengan sempurna sehingga mengalami kesulitan untuk membangun objek, jadi skema subjek ini merupakan skema intra.
Kata Kunci: Profil, teori APOS, kemampuan matematika

Published
2013-08-19
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 165