PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ADOBE FLASH PROFESIONAL CS6 DENGAN MEMPERHATIKAN FUNGSI KOGNITIF RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) PADA MATERI MELUKIS SEGITIGA

  • ERDHIN LIES TYANTO

Abstract

Matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan bagi dunia keilmuan, dalam setiap segi kehidupan tidak akan lepas dari matematika. Salah satu bidang ilmu dalam matematika yaitu geometri. Dengan mempelajari geometri, siswa diharapkan mempunyai kemampuan bernalar yang baik, kemampuan berpikir yang logis, kritis, sistematis dan kreatif yang sangat diperlukan dalam kehidupan, karena itu sangat dibutuhkan suatu pemahaman konsep tentang geometri pada diri siswa. Salah satu alternatif untuk membangun konsep geometri pada diri siswa yaitu melakukan pembelajaran dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Teori RMT merupakan teori yang didasarkan pada dua teori belajar yaitu teori sosiokultural Vygotsky dengan penekanan khususnya pada konsep peralatan psikologisnya sebagai mediator proses kognitif, dan teori Mediated Learning Experience (MLE) yang dikemukakan oleh Reuvan Feuerstein (dalam Kinard & Kozulin, 2005). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Adobe Flash Profesional CS6 dengan memperhatikan fungsi kognitif Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada materi Melukis Segitiga.[4]
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan Smith dan Ragan yang dilakukan di kelas VII-B SMPN 1 Pogalan pada tanggal 21 April 2013 tahun ajaran 2012/2013. Obyek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran matematika berbasis Adobe Flash Profesional CS 6 pada materi melukis segitiga. Subyek dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu subyek untuk validasi media dan materi serta subyek untuk ujicoba terbatas. Instrumen penelitian terdiri atas Tes kriteria kemampuan matematika siswa, Lembar Validasi Media Pembelajaran, Lembar Observasi Aktivitas Siswa, Tes Hasil Belajar dan Lembar Angket Respon Siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan Metode Observasi, Metode Tes dan Metode Angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan setelah melakukan langkah-langkah berdasarkan model pengembangan Smith dan Ragan, media pembelajaran yang dikembangkan ini dapat dikatakan berkualitas tinggi menurut Nieveen (1997) dan Akker (1999) (dalam Zulaicha : 2010) karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.[9]
Kata Kunci: media pembelajaran, Rigorous Mathematical Thinking, Adobe Flash Profesional CS 6, valid, praktis dan efektif

Published
2013-08-19
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 194