PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) DITINJAU DARI FUNGSI KOGNITIF PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BALONGBENDO

  • FARIT IRNA RUSTIANINGSIH

Abstract

Dalam data PISA (2009) Indonesia menduduki urutan 61 dari 65 negara pada aspek kemampuan matematika. Hal tersebut mencerminkan bagaimana sistem pendidikan di Indonesia yang sedang berjalan saat ini. Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dibutuhkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) yaitu cara guru mengajar dengan memediasi siswa berdasarkan kriteria MLE. Kegunaannya untuk mengetahui proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah menggunakan peralatan psikologis yang dilihat dari tiga level fungsi kognitif.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, dan Lembar Penilaian dengan pendekatan RMT yang dirancang berdasarkan model pengembangan perangkat menurut Plomp, tanpa fase implementasi. Subjek penelitian ini yaitu 35 siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Balongbendo yang dibagi menjadi 6 kelompok secara heterogen. Sedangkan hasil kinerja siswa diambil 2 kelompok dari 6 kelompok yang ada.
Hasil pengembangan perangkat pembelajaran antara lain : (1) hasil dari validasi perangkat pembelajaran untuk RPP yang terdiri dari tiga level fungsi kognitif, kriteria MLE, dan fase-fase RMT memenuhi kriteria sangat valid, dan untuk LKS yang dikembangkan dengan memperlihatkan kemampuan level fungsi kognitif memenuhi kriteria sangat valid, serta untuk LP yang melibatkan level fungsi kognitif memenuhi kriteria valid. (2) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis karena dapat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi. (3) guru mampu menjalankan mediasi yang ada di RPP dengan sangat baik. (4) perangkat pembelajaran dinyatakan efektif karena aktivitas RMT yang dilihat dari kinerja siswa dalam kelompok memenuhi kriteria efektif, ketuntasan klasikal tercapai dengan presentase 86%, dan hasil angket respon siswa positif.
Kata Kunci : Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Mediated Learning Experience (MLE), Peralatan psikologis, fungsi kognitif.

Published
2013-08-19
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 91