PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SEGIEMPATDI KELAS VII A MTS AL-HIDAYAH KENDAL NGAWI

  • KHOIRI

Abstract

Mata pelajaran matematika diajarkan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah tinggi. Sampai saat ini matematika masih dianggap mata pelajaran yang sulit, menakutkan, dan membosankan.
Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa aktif adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Selain siswa diajarkan materi pelajaran, siswa dilatihkan keterampilan-keterampilan kooperatif, dengan harapan siswa lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran.
Jenis penelitian yang dilakukan termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (2) keterampilan kooperatif siswa, (3) hasil belajar siswa, (4) respons siswa terhadap pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII A MTs Al-Hidayah Kendal Ngawi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan keterampilan kooperatif siswa, soal tes evaluasi, dan angket respons siswa.
Dari analisis data diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kriteria baik dengan skor rata-rata 3,17. Keterampilan kooperatif dalam menghargai kontribusi dengan persentase rata-rata 48% dengan kategori sedang. Sedangkan keterampilan kooperatif siswa yang memperoleh persentase paling rendah adalah mengajukan pertanyaan dengan persentase rata-rata 6,33% dengan kategori sangat rendah. Siswa yang tuntas belajar sebanyak 29 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 2 siswa. Secara klasikal persentase ketuntasan belajar kelas adalah 93,5%. Respons siswa terhadap pembelajaran, siswa menyukai cara guru mengajar pada materi segiempat dengan skor rata-rata 3,52 dengan kategori sangat positif. Selain itu siswa menginginkan bahwa pembelajaran untuk materi-materi lain juga dilakukan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan skor rata-rata 3,39 termasuk dalam kategori sangat positif.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Segiempat

Published
2013-08-20
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 89