PROFIL PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SIMBOL, HURUF, DAN TANDA PADA ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DAN FUNGSI KOGNITIF RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT)

  • NGGORO SUJALMO

Abstract

Pemahaman terhadap simbol, huruf, dan tanda merupakan salah satu proses yang penting untuk dikembangkan pada pembelajaran matematika khususnya pembelajaran aljabar. Pemahaman tersebut dapat berkembang dengan baik dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Konsep aljabar diperkenalkan secara formal pertama kali pada siswa di jenjang SMP dengan kemampuan matematika dan level fungsi kognitif RMT yang beragam. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan profil pemahaman siswa terhadap simbol, huruf, dan tanda pada aljabar ditinjau dari kemampuan matematika siswa dan fungsi kognitif Rigorous Mathematical Thinking (RMT) dengan tiga indikator pemahaman matematika (translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi) serta tiga level fungsi kognitif RMT.
Dengan pendekatan eksploratif penelitian dilakukan di kelas VII SMPN 1 Pogalan Trenggalek. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yang ditentukan berdasarkan tes kemampuan matematika serta kebersediaan dan keterbukaan subjek untuk diwawancarai berbasis tugas berupa tes pemahaman matematika. Data yang diperoleh diuji keabsahananya dengan triangulasi waktu yaitu pemberian tugas pemahaman matematika yang setara pada waktu yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu menggunakan konsep pemahaman tentang simbol dan huruf dalam menyelesaikan soal, mengekstrak informasi, menyajikan kembali informasi secara matematis, dan mampu mencapai semua fungsi kognitif RMT. Subjek dengan kemampuan matematika sedang mampu menggunakan konsep pemahaman tentang simbol dan huruf dalam menyelesaikan soal, mengekstrak informasi, menyajikan kembali informasi secara matematis, dan hanya tidak mampu mencapai fungsi kognitif pelabelan visualisasi. Sedangkan subjek berkemampuan rendah tidak mampu menggunakan konsep pemahaman tentang simbol, huruf, dan tanda dalam menyelesaikan soal, menyajikan kembali informasi secara matematis dengan benar, hanya mampu mengekstrak informasi dari masalah yang diberikan melalui eksploitasi gambar saja, dan hanya mampu mencapai fungsi kognitif pelabelan visualisasi, pembandingan, pencarian secara sistematis untuk mengumpulkan dan melengkapi informasi, pengawetan ketetapan, pengukuran ruang dan hubungan spasial, pengukuran waktu dan hubungan temporal, dan pendefinisian masalah saja
Kata kunci: Pemahaman, Simbol, Huruf, Tanda, Kemampuan Matematika, Fungsi Kognitif RMT

Published
2013-08-20
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 612