PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA TULIS SISWA DI KELAS VIII

  • RAHMA DWI KHOIRUNNISA

Abstract

Berdasarkan tujuan pembelajaran yang menyatakan bahwa pembelajaran discovery learning merupakan pembelajaran yang menghubungkan keterkaitan antarkonsep serta mengaplikasikan konsep dalam penyelesaian masalah dan komunikasi matematika merupakan kemampuan penting yang harus dilatihkan dalam diri siswa. Dalam upaya pembelajarannya perlu dikembangkan perangkat pembelajaran merupakan upaya menarik minat siswa dalam pembelajaran matematika. Pengembangan perangkat dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran discovery learning, perangkat yang dikembangkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS) dan tes hasil belajar (THB).
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik dengan model pembelajaran discovery learning di kelas VIII serta mengetahui kemampuan komunikasi tulis siswa setelah siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan penilaian perangkat pembelajaran berdasarkan validasi oleh validator serta kemampuan komunikasi tulis siswa dinilai berdasarkan rubrik.
Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid berdasarkan validasi dari para validator dengan nilai rata-rata 3,59 untuk RPP, 3,48 untuk LKS dan 3,1 untuk THB, pengelolaan pembelajaran dengan skor rata-rata 4,08 dan dikatakan praktis, aktivitas siswa mencapai 88,4% dan dikatakan efektif, ketuntasan belajar siswa mencapai 92% dan dikatakan efektif, dan respons siswa adalah positif mencapai 92,1% dan dikatakan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran discovery learning pada materi balok dan kubus di kelas VIII-A SMP Negeri 13 Surabaya adalah valid, praktis dan efektif. Untuk kemampuan komunikasi tulis siswa dalam pembelajaran discovery learning sebanyak 3 siswa termasuk dalam kategori sangat baik, 23 siswa dalam kategori baik, 9 siswa dalam kategori cukup dan 3 siswa dalam kategori kurang.
Kata Kunci : perangkat pembelajaran, discovery learning, komunikasi matematika tulis

Published
2013-08-20
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 226