PROSES BERPIKIR SISWA DENGAN KECERDASAN LINGUISTIK DAN LOGIS MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

  • RUDIS ANDIKA NUGROHO

Abstract

Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah. Dalam memecahkan sebuah masalah, siswa perlu berpikir. Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah berbeda-beda, karena kecerdasan siswa juga berbeda-beda. Dalam memecahkan suatu permasalahan matematika juga membutuhkan pemahaman, analisis dan perhitungan yang tinggi sehingga kecerdasan linguistik dan logis matematis merupakan kecerdasan yang dominan dalam pemecahan masalah matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP dengan kecerdasan linguistik dan logis matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-G SMP Negeri 22 Surabaya. Untuk memperoleh data digunakan tes identifikasi kecerdasan majemuk. Kemudian diperoleh dua subjek dengan kecerdasan linguistik dan logis matematis. Subjek yang terpilih diberikan tes pemecahan masalah dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis berdasarkan indikator proses berpikir siswa.
Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa subjek dengan kecerdasan linguistik 1 memiliki proses berpikir semikonseptual, subjek dengan kecerdasan linguistik 2 memiliki proses berpikir semikonseptual, subjek dengan kecerdasan logis matematis 1 memiliki proses berpikir konseptual. subjek dengan kecerdasan logis matematis 1 memiliki proses berpikir konseptual.
Kata kunci: Proses berpikir, pemecahan masalah, kecerdasan linguistik, kecerdasan logis matematis

Published
2013-08-20
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 434