PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII

  • SEPTIANA SRI WISUDAWATI

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern dan mempunyai peran penting memajukan daya pikir manusia. Mempelajari matematika merupakan kegiatan yang berkaitan dengan mempelajari ide-ide atau konsep-konsep yang bersifat abstrak. Untuk mempelajari konsep-konsep tersebut, maka guru harus bisa memilih model dan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi pembelajaran yang diterapkan di Indonesia yang sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah strategi Reciprocal Teaching (pembelajaran terbalik). Reciprocal Teaching mengajarkan empat keterampilan kognitif yaitu merangkum, bertanya, menjelaskan dan memprediksi. Dalam proses pembelajaran, guru mengharapkan agar pembelajaran dan strategi yang dilaksanakan di kelas berjalan secara efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan one-shot-case study. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran langsung dengan strategi Reciprocal Teaching pada materi lingkaran di kelas VIII-B SMP Laboratorium Universitas Negeri Surabaya. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII-B tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 25 siswa. Dari 25 siswa tersebut diambil 8 siswa untuk menjadi subyek pengamatan aktivitas siswa. Selama pembelajaran tersebut diamati pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa : (1) pengelolaan pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 3,73; (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran tergolong sangat aktif dengan jumlah persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa selain berperilaku tidak relevan sebesar 96,6%; (3) hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 84%; (4) respons siswa dengan jawaban positif mencapai 81,60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran langsung dengan strategi Reciprocal Teaching pada materi lingkaran di kelas VIII-B SMP Laboratorium Universitas Negeri Surabaya adalah efektif.
Kata Kunci : strategi Reciprocal Teaching, lingkaran, efektivitas pembelajaran

Published
2013-08-20
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 681