PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGIPANJANG DI KELAS III MI PSM AL AMIN SUMBERAGUNG NGAWI

  • SITI ZULAICHAH

Abstract

Sampai saat ini masih ada sebagian guru yang melakukan pembelajaran matematika dengan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif. Siswa lebih banyak mendengar dan melakukan apa yang diperintahkan guru. Hal ini mengakibatkan pembelajaran matematika menjadi kurang bermakna bagi siswa. Salah satu pendekatan yang dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna ialah dengan ialah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). PMRI adalah suatu pendekatan yang mengaitkan kehidupan sehari-hari dengan konsep matematika. Dengan PMRI, pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna dan mudah diterima oleh siswa
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang ingin mendiskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap pembelajaran materi persegi dan persegipanjang dengan pendekatan PMRI. Subjek dalam hal ini adalah guru dan siswa kelas III MI PSM Al Amin Sumberagung, Ngawi sebanyak 20 siswa yang akan diamati 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah.
Adapun pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes, pengamatan, dan angket respons. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor rata-rata akhir, lalu mengelompokkan dalam kategori penilaian yang sesuai. Dari penelitian ini diperoleh skor rata-rata untuk kemampuan pengelolaan pembelajaran oleh guru sebesar 2,95 dengan kategori baik, untuk komunikasi tulis matematika siswa dengan skor rata-rata dari dua siswa yang berkemampuan tinggi sebesar 3,63 dengan kategori sangat baik, skor rata-rata dari dua siswa yang berkemampuan sedang sebesar 3,25 dengan kategori baik. Skor rata-rata dari dua siswa yang berkemampuan rendah sebesar 1,96 dengan kategori kurang baik. Untuk kemampuan komunikasi lisan dari dua siswa berkemampuan tinggi dengan skor rata-rata 3,17 yang termasuk dalam kategori baik, 2 siswa berkemampuan sedang dengan skor rata-rata 2,67 yang termasuk dalam kategori baik, dan 2 siswa berkemampuan rendah dengan skor rata-rata 1,75 yang termasuk dalam kategori kurang baik. Skor rata-rata untuk respons siswa terhadap pembelajaran sebesar 3,80 dengan kategori sangat positif.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Siswa, Persegi dan Persegipanjang, PMRI.

Published
2013-08-20
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 29