PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI PETA KONSEP PADA MATERI SEGIEMPAT

  • WIDYA IKA PRAVITA

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, ilmu matematika sudah dikenal sejak usia pra sekolah dengan tingkat kesulitan yang masih sederhana. Memasuki sekolah formal, siswa dihadapkan dengan matematika yang lebih kompleks dan membutuhkan penalaran yang lebih. Penguasaan konsep dasar sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada suatu materi. Pembelajaran dengan menggunakan model pengajaran langsung dapat membantu siswa dalam penguasaan konsep maupun keterampilan dasar. Pengajaran langsung yang dipadu dengan strategi peta konsep mampu membantu siswa dalam memahami konsep-konsep dasar suatu materi maupun mengaitkan antar konsep-konsep dasar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penilaian terhadap pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pengajaran langsung dengan strategi peta konsep pada materi segiempat. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian terhadap pengelolaan pembelajaran menggunakan model pengajaran langsung dengan strategi peta konsep mendapat skor rata-rata 3,56 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa dengan persentase tertinggi selama pembelajaran adalah memperhatikan/ mendengarkan penjelasan guru dengan persentase sebesar 36,67%. Sedangkan aktivitas dengan persentase terendah adalah membaca buku pegangan penunjang dengan persentase sebesar 3,33%. Untuk hasil belajar siswa, persentase siswa yng telah memenuhi KKM adalah 76,92% atau sebanyak 30 siswa. Pembelajaran menggunakan model pengajaran langsung dengan strategi peta konsep mendapat respons positif.
Kata Kunci: model pengajaran langsung, peta konsep

Published
2013-08-20
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 137