PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RMT DITINJAU DARI FUNGSI KOGNITIF SISWA PADA MATERI MELUKIS SEGITIGADI KELAS VII SMP

  • ZAENAL KHABIB

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran matematika khususnya pembelajaran geomteri, siswa sering mengalami kesulitan ketika memecahkan masalah. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan perangkat pembelajaran yang berguna untuk memediasi siswa dalam membangun proses kognitif dan konsep geometri siswa. Dalam mediasi akan memberi stimulus kepada siswa untuk memanfaatkan peralatan psikologisnya dengan semaksimal mungkin sehingga terbangun pemahaman yang baik pada diri siswa tentang konsep geometri. Strategi pembelajaran ini disebut Rigorous Mathematical Thinking (RMT).
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa dan Lembar Penilaian dengan pendekatan RMT yang ditinjau dari fungsi kognitif siswa. perangkat pembelajaran dikembangkan berdasarkan model pengembangan perangkat menurut Plomp tanpa fase implementasi. Uji coba terbatas pada penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-D SMP Negeri 1 Pogalan Trenggalek semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah subjek sebanyak 28 siswa.
Hasil penelitian ini yaitu mendeskripsikan tentang proses pengembangan perangkat dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran. Proses pengembangan perangkat pembelajaran terdiri dari : (1) Fase Investigasi Awal yaitu menentukan teori RMT, analisis kurikulum KTSP, analisis siswa dan anlisisis materi ajar. (2) Fase Desain yaitu merancang perangkat pembelajaran dan instrumen. (3) Fase Realisasi yaitu penyusunan perangkat pembelajaran (prototipe I) dan Instrumen. (4) Fase Tes, Evaluasi dan Revisi yaitu melakukan validasi perangkat pembelajaran dan uji coba lapangan. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran antara lain : (1) hasil dari validasi perangkat pembelajaran memenuhi kriteria sangat valid. (2) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis karena dapat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi. (3) guru mampu menjalankan mediasi yang ada di RPP dengan baik. (4) siswa sangat berhasil dalam aktivitas RMT dan tiga level fungsi kognitif dalam proses pembelajaran telah tercapai dilihat dari kinerja kelompok 5 masuk kategori level RMT sedang dan kelompok 7 masuk kategori level RMT tinggi. (5) ketuntasan klasikal tercapai dengan persentase 82,14 % dan hasil angket respon siswa positif.
Kata kunci : Perangkat pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Mediasi, Peralatan psikologis, fungsi kognitif.

Published
2013-08-20
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 104