EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT

  • Rizcha Handini Setiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada materi persamaan dan fungsi kuadrat. Keefektifan pembelajaran ditinjau dari empat aspek, yakni: kegiatan guru, kegiatan peserta didik, ketuntasan belajar peserta didik, dan reaksi peserta didik terhadap pembelajaran. Suatu pembelajaran dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek di atas terpenuhi, dengan ketentuan aspek ketuntasan belajar peserta didik terpenuhi. Learning Management System (LMS) yang digunakan untuk penelitian ini adalah Google Meet, Google Classroom, dan Google Jamboard. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni peserta didik kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 2 yang terdiri dari 35 peserta didik yang diambil secara acak. Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan pembelajaran daring pada materi persamaan dan fungsi kuadrat dikatakan tidak efektif karena tidak tuntasnya hasil belajar peserta didik dan kurang positifnya reaksi peserta didik terhadap pembelajaran. Perihal ini diakibatkan bermacam aspek, antara lain minimnya uraian yang komprehensif serta sederhana dari guru, rendahnya aspek afektif serta psikomotorik pada pembelajaran, sinyal internet, rendahnya atensi peserta didik terhadap pembelajaran daring, serta pembelajaran daring belum diterapkan sepenuhnya di sekolah.

Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Daring.

Published
2021-05-19
Abstract Views: 390
PDF Downloads: 307