PROFIL BERPIKIR RELASIONAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISTEMATIS-INTUITIF

  • Ikma Nurul Khoyimah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berpikir relasional merupakan kemampuan berpikir untuk membuat keterkaitan objek dari yang diketahui pada soal menjadi bentuk simbol dan angka dengan memperhatikan hubungan dari informasi pada soal dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya, untuk menyelesaikan masalah dengan konsep matematika. Untuk menyelesaikan masalah dipengaruhi beberapa faktor salah satunya gaya kognitif. Dalam penelitian ini gaya kognitif yang digunakan berdasarkan cara individu mengevaluasi dan menentukan strategi ketika memecahkan masalah yaitu gaya kognitif sistematis-intuitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan profil berpikir relasional dalam memecahkan masalah siswa SMP dengan gaya kognitif sistematis dan  intuitif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa bergaya kognitif sistematis dan intuitif masing-masing satu. Dari hasil analisis data siswa bergaya kognitif sistematis telah melaksanakan aktivitas berpikir relasional dalam memecahkan masalah matematika pada tahapan memahami masalah dengan mengidentifikasi unsur yang terdapat dalam masalah, mengaitkan unsur tersebut dengan pengetahuan yang dimiliki siswa sebelumnya. Siswa menghubungkan pengetahuan yang dimilikinya dengan unsur yang terdapat pada soal pada tahap menyusun rencana dan melaksanakan rencana. Pada tahap memeriksa kembali siswa belum menghubungkan hasil jawaban yang dengan informasi pada soal. Siswa dengan gaya kognitif intuitif telah melaksanakan aktivitas berpikir relasional dalam memecahkan masalah pada tahapan memahami masalah dengan mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam masalah, menjelaskan hubungan informasi dengan pengetahuan yang diketahui siswa sebelumnya. Siswa menghubungkan informasi pada soal dengan pengetahuan yang telah diketahui siswa pada tahap menyusun rencana dan melaksanakan rencana. Pada tahap memeriksa kembali siswa menghubungkan hasil jawaban yang didapatkan dengan informasi pada soal. Berdasarkan hasil penelitian diketahui siswa dengan gaya kognitif sistematis dan intuitif memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalah saat berpikir relasional. Oleh karena itu, guru diharapkan lebih banyak menggunakan soal nonrutin dengan gabungan antar konsep matematika yang penyelesaiannya dapat ditempuh dengan banyak cara saat pembelajaran, agar melatih siswa dalam berpikir relasional dan mengembangkan kemampuan siswa memecahkan masalah.

Published
2021-07-23
Abstract Views: 277
PDF Downloads: 316