PROFIL PENALARAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GENDER

  • Dooren Quintasari Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Budayasa
  • Raden Sulaiman

Abstract

Abstrak

Profil penalaran merupakan gambaran atau deskripsi tentang berpikir logis untuk membuat pernyataan atau menarik kesimpulan berdasarkan pernyataan-pernyataan atau fakta yang relevan serta sudah dibuktikan kebenarannya. Indikator yang digunakan untuk mengungkapkan  profil penalaran meliputi sensemaking, conjecturing, convincing, reflecting, dan generalising. Sementara itu, perbedaan gender memengaruhi  profil penalaran dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalaran siswa SMP dengan gender laki-laki maskulin dan perempuan feminin dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Labschool Unesa tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas VIII yang memiliki kemampuan matematika yang setara. Mereka adalah seorang siswa laki-laki maskulin dan seorang siswa perempuan feminine. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara subjek secara mendalam berdasarkan Tugas Pemecahan Masalah. Tugas Pemecahan Masalah berisi soal uraian materi aljabar. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi waktu untuk memeroleh data yang kredibel. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi data, reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa laki-laki maskulin menggunakan berpikir logis dalam menyelesaikan masalah karena mampu memberikan argumen yang tepat disetiap langkah penyelesaian serta membuat dugaan strategi penyelesain yang tepat sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan benar. Sedangkan perempuan feminin mengalami kesulitan dalam memberikan dugaan tentang strategi penyelesaian yang akan digunakan dan tidak mampu memberikan argumen pada beberapa langkah penyelesaian. Hal ini menunjukkan bahwa profil penalaran siswa laki-laki maskulin dalam menyelesaikan masalah matematika lebih baik dibandingkan perempuan feminine. Perbedaan profil penalaran mengakibatkan kemampuan siswa dalam aktivitas matematika mulai dari penyerapan konsep matematika sampai menyelesaikan masalah matematika juga berbeda sehingga akan berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, mengetahui profil penalaran siswa merupakan hal yang penting, dengan mengetahui profil penalaran siswa dapat membantu guru dalam menyusun pembelajaran yang mampu memaksimalkan domain pengetahuan siswa.

Kata Kunci: profil penalaran, memecahkan masalah matematika, gender.

Abstract

Reasoning Profile is a description of logical thinking to make statements or draw conclusions based on statements or facts that are relevant and have been proven to be true. The indicators of reasoning profile are  sensemaking, conjecturing, convincing, reflecting, and generalizing. Meanwhile, gender identity affects reasoning profiles in mathematical problems solving. This study aimed describing at the reasoning profile of junior high school students with gender male masculine and female feminine in solving mathematical problems. This descriptive research with a qualitative approach was implemented in Grade 8 of SMP Labschool UNESA academic year 2020/2021. The subjects were two eighth grade students who had the same math ability. They were one male masculine student and one female feminine student.  Data were taken by interviewing the subject in depth on the basis of tasks problem solving. The problem solving task contained questions related to Algebraic matter. In collecting data using time triangulation techniques to obtain credible data. Data analysis was done by categorization, reduction, display, interpretation, and conclusion. The research results showed that male masculine student use logical thinking in problem solving by providing the right arguments at every step of the solutions and guessing correct solution strategy so that it can solve the problem correctly. Meanwhile, female feminine have the difficulty to make assumptions about solution strategy and unable to provide arguments at some steps of solution. This shows that the male masculine students' reasoning profile in solving mathematical problem is better than female feminine students. Differences in reasoning profiles result in students' abilities in mathematical activities ranging from absorption of mathematical concepts to solving mathematical problems that are also different so that it will have an impact on student learning outcomes. Therefore, knowing the student's reasoning profile is important, knowing the student's reasoning profile can help teachers in structuring learning that is able to maximize students' domain knowledge.

Keywords: reasoning profile, solving mathematical problem, gender.

Published
2021-10-14
Abstract Views: 320
PDF Downloads: 267