PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • Sifta Bariatu Nisa Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • janet Trineke Manoy

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah kontekstual siswa ditinjau dari kemampuan matematika tinggi dan sedang.  Subjek penelitian ini yaitu satu siswa kelas VII dengan kemampuan matematika tinggi dan satu siswa kelas VII dengan kemampuan matematika sedang. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah kontekstual yaitu pada tahap memahami masalah, siswa menuliskan dan menyebutkan informasi yang diketahui dalam soal dengan lengkap dan menuliskan serta menyebutkan informasi yang ditanyakan dalam soal namun kurang lengkap. Tahap menyusun rencana penyelesaian masalah, siswa menyebutkan langkah-langkah yang akan digunakan. Tahap melaksanakan rencana penyelesaian masalah, siswa menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya dan menuliskan jawaban serta perhitungannya dengan tepat namun kurang sistematis dan beberapa keterangan kurang lengkap. Siswa juga memberikan penjelasan pada setiap langkah yang dilakukan. Tahap memeriksa kembali, siswa memeriksa kembali penyelesaian yang telah dikerjakan dan tidak menyebutkan cara lain yang dapat digunakan. Profil pemecahan masalah siswa berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah kontekstual yaitu pada tahap memahami masalah, siswa menuliskan dan menyebutkan informasi yang diketahui dalam soal namun kurang lengkap serta menuliskan dan menyebutkan informasi yang ditanyakan dalam soal dengan lengkap. Tahap menyusun rencana penyelesaian masalah, siswa menyebutkan langkah-langkah yang akan digunakan. Tahap melaksanakan rencana penyelesaian masalah, siswa menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya dan menuliskan jawaban serta perhitungannya namun kurang sistematis, beberapa keterangan kurang lengkap, dan ada kesalahan perhitungan diakhir jawaban. Siswa juga memberikan penjelasan pada setiap langkah yang dilakukan. Tahap memeriksa kembali, siswa tidak memeriksa kembali penyelesaian yang telah dikerjakan dan tidak menyebutkan cara lain yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal.

Kata Kunci: Pemecahan masalah, kontekstual, kemampuan matematika.

  

Abstract

This research is a qualitative research to describe the profile of students' contextual problem solving in terms of high and moderate mathematical abilities. The subjects of this study were one grade VII student with high math ability and one grade VII student with moderate math ability. Methods of data collection using tests and interviews. The results of this study indicate that the problem solving profile of students with high mathematical abilities in solving contextual problems is at the stage of understanding the problem, students write and state the information known in the problem completely and write and mention the information asked in the problem but it is incomplete. In the stage of compiling a problem-solving plan, students mention the steps that will be used. In the stage of implementing the problem-solving plan, students solve the problem according to the plan that has been made previously and write down the answers and calculations correctly but less systematically and some information is incomplete. Students also provide explanations for each step taken. In the re-examination stage, students re-examine the completion that has been done and does not mention other ways that can be used. The problem-solving profile of students with mathematical abilities is in solving contextual problems, namely at the stage of understanding the problem, students write and mention information that is known in the problem but is incomplete and writes and mentions the information asked in the question completely. In the stage of compiling a problem-solving plan, students mention the steps that will be used. In the stage of implementing the problem-solving plan, students solve problems according to the plans that have been made previously and write down answers and calculations but are less systematic, some information is incomplete, and there is a calculation error at the end of the answer. Students also provide explanations for each step taken. In the re-examination stage, students do not re-examine the solution that has been done and do not mention other ways that can be used to solve the problem.

Keywords: Problem solving, contextual, mathematical ability.

Published
2022-01-13
Abstract View: 51
PDF_36-45 Download: 47