LITERASI MATEMATIS BERBASIS BUDAYA JOMBANGAN DALAM PERSPEKTIF ETNOMATEMATIKA

  • Mochamad Fachrul Rozi Universitas Negeri Surabaya
  • Mega Teguh Budiarto

Abstract

Kualitas pendidikan Indonesia masih tergolong rendah, salah satu faktornya yakni rendahnya kemampuan literasi matematis. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan studi PISA tahun 2018 bahwa negara Indonesia mengalami penurunan peringkat dengan perolehan skor di bawah rata-rata. Untuk mengatasi hal tersebut, alternatif yang perlu dilakukan yakni dengan menerapkan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis budaya Jombangan dalam perspektif etnomatematika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan dan wawancara. Untuk instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukungnya berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan lembar catatan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis domain dan analisis taksonomi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kajian etnomatematika pada budaya Jombangan khususnya Candi Rimbi, pengrajin manik-manik, dan batik Jombangan ditemukan beberapa konsep matematika yang di antaranya adalah satuan baku dan tidak baku, konsep panjang, perbandingan, transformasi geometri, simetri, dan bangun datar. Berdasarkan kajian tersebut, aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Jombang memenuhi beberapa aspek dari literasi matematis yakni aspek konten, proses, dan konteks.

Kata Kunci: literasi matematis, etnomatematika, budaya Jombangan.

Published
2022-01-14
Abstract View: 39
PDF_58-69 Download: 49