ANALOGY TRANSFER IN LEARNING NEW MATERIAL WITH AND WITHOUT INTERMEDIATE PROBLEM

  • Moch. Hisbul Ansor Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Haris Rosyidi

Abstract

Abstrak

Transfer analogi merupakan transfer belajar yang memetakan pengetahuan dari masalah sumber ke masalah target. Transfer analogi dapat digunakan untuk mempelajari materi baru berdasarkan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transfer analogi siswa dalam mempelajari materi baru dengan dan tanpa masalah antara. Masalah antara merupakan masalah yang memiliki tingkat kesulitan di antara masalah sumber dan target dengan penggunaan analogi yang sama. Penelitian ini menggunakan metode campuran, metode kuantitatif dilanjutkan dengan metode kualitatif. Subjek sebanyak 45 siswa kelas X di SMA Swasta Gresik, kemudian dipilih 4 siswa sebagai subjek kualitatif. Data kuantitatif dianalisis berdasarkan persentase keberhasilan dan kegagalan siswa pada tiap kasus transfer analogi, sedangkan data kualitatif dianalisis berdasarkan fase transfer analogi yaitu penstrukturan, pemetaan, penerapan, dan pemeriksaan kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keberhasilan transfer analogi pada siswa dengan masalah antara lebih besar daripada subjek tanpa masalah antara. Pada siswa dengan masalah antara dapat melakukan transfer analogi dengan baik di tiap fasenya. Sedangkan, pada siswa tanpa masalah antara mengalami hambatan pada fase penerapan. Siswa dengan dan tanpa masalah antara yang tidak dapat mengerjakan masalah target dengan benar mengalami kegagalan transfer analogi pada fase pemetaan.

Kata Kunci: Transfer analogi, materi baru, masalah sumber, masalah antara, masalah target.

 

Abstract

Analogy transfer is a transfer of learning knowledge from the source problem to the target problem. Analogy transfer can be used to learn new material based on pre-existing knowledge. This study aims to analyze the transfer of analogies in studying new material with and without intermediate problems. The intermediate problem is a problem that has a difficulty level between the source and target problems using the same analogy. This study uses a mixed-method with a quantitative method followed by a qualitative method. The subjects were 45 students of tenth grade class at Gresik Private High School, then 4 students were selected as qualitative subjects. Quantitative data were analyzed based on the percentage of student success and failure in each analogy transfer case, while qualitative data is analyzed based on each phase in the analogy transfer, namely structuring, mapping, applying, and verifying The results showed that the percentage of successful analogy transfer in studies with intermediate problems was greater than in students without intermediate problems. Students with intermediate problems can transfer analogies well in each process. Meanwhile, students without intermediate problems experienced obstacles in the applying process. Students who cannot work on the target problem correctly both experience the analogy transfer failure in the mapping phase.

Keywords: Transfer analogy, new material, source problem, intermediate problem, target problem.  

 

Published
2022-01-21
Abstract Views: 852
PDF Downloads: 114