KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS SISWA SMA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISTEMATIS DAN INTUITIF

  • Luluk Mahmudah Universitas Negeri Surabaya
  • Rini Setianingsih

Abstract

Kemampuan seseorang dalam memahami, menginterpretasi, mengevaluasi, dan mengomunikasikan data atau statistik disebut sebagai kemampuan literasi statistis yang dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif sistematis dan intuitif seseorang dalam memperoleh dan memproses informasi di dalam otaknya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi statistis siswa SMA yang memiliki gaya kognitif sistematis dan siswa SMA yang memiliki gaya kognitif intuitif dengan subjek penelitian siswa kelas XII-IPA masing-masing satu siswa pada tiap gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen utama penelitian yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa tes gaya kognitif, tes literasi statistis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi statistis siswa SMA yang memiliki gaya kognitif sistematis berada pada kategori baik karena mampu memenuhi 3 (tiga) dari 4 (empat) indikator literasi statistis yang telah ditentukan yaitu siswa mampu memahami data, siswa mampu menginterpretasi data, dan siswa mampu mengomunikasikan data, sedangkan siswa SMA yang memiliki gaya kognitif intuitif berada pada kategori sangat baik karena siswa mampu memenuhi semua indikator literasi statistis yang telah ditentukan yaitu siswa mampu memahami data, siswa mampu menginterpretasi data, siswa mampu mengevaluasi data, dan siswa mampu mengomunikasikan data. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat memberikan soal-soal statistika yang memuat informasi dengan konteks nyata kehidupan sehari-hari beserta penjelasan grafik, tabel, atau diagram namun dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi agar siswa dapat meningkatkan kemampuan literasi statistisnya, serta guru tidak membatasi bagaimana siswa menjawab supaya siswa dapat bekerja secara sistematis dan intuitif sesuai gaya kognitifnya masing-masing.

Published
2022-01-27
Abstract View: 130
PDF_255-267 Download: 104