KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA OPEN-ENDED DITINJAU DARI SELF-CONCEPT MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p368-377Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki siswa, untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilakukan dengan memberikan soal matematika open-ended kepada siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika open-ended ditinjau dari self-concept matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan subjek yang digunakan pada penelitian ini yakni teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini terdiri dari satu siswa dengan kategori self-concept matematis tinggi, satu siswa dengan self-concept matematis sedang, dan satu siswa dengan self-concept matematis rendah. Instrumen yang digunakan meliputi angket self-concept matematis, soal matematika open-ended, dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data pada penelitian ini diantaranya metode angket, tes, dan wawancara. Serta teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis angket self-concept matematis, analisis soal matematika open-ended, dan analisis wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kefasihan siswa self-concept matematis tinggi dapat menuliskan tiga jawaban untuk ukuran panjang, dan lebar kolam renang, serta dua jawaban untuk luas kolam renang dengan benar, fleksibilitas siswa self-concept matematis tinggi dapat menggunakan tiga metode penyelesaian yang benar, dan kebaruan siswa self-concept matematis tinggi dapat menggunakan metode matriks yang belum diajarkan di sekolahnya. Kefasihan siswa self-concept matematis sedang dapat menuliskan tiga jawaban untuk ukuran panjang, lebar, dan luas kolam renang dengan benar, fleksibilitas siswa self-concept matematis sedang dapat menggunakan dua macam metode penyelesaian yang benar. Kefasihan siswa self-concept matematis rendah dapat menuliskan dua jawaban untuk ukuran panjang dan lebar kolam renang dengan benar. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi guru agar melatih kemampuan berpikir kreatif siswa dengan memberikan soal matematika tipe open- ended.
Kata Kunci : berpikir kreatif, soal matematika open-ended , self-concept matematis