Eksplorasi Etnomatematika Budaya Kampung Kemasan Gresik
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p710-719Abstract
Etnomatematika merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa guna mencapai keberhasilan dalam belajar matematika. Unsur budaya berupa sistem peralatan hidup dan teknologi serta kesenian masih dilestarikan di kampung Kemasan Gresik. Penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi ini bertujuan mendeskripsikan bentuk etnomatematika pada bangunan tua, alat musik dan gerakan tari Pencak Macan Gresik, serta literasi matematis budaya di Kampung Kemasan Gresik dalam perspektif etnomatematika. Pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan study literatur. Instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara dan alat rekaman. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sistem peralatan hidup dan teknologi bangunan rumah di kampung Kemasan Gresik terdapat konsep matematika yaitu bangun datar (segitiga siku-siku, lingkaran, persegi, segitiga sama kaki, trapesium sama kaki, segi enam beraturan, belah ketupat, dan persegi panjang), bangun ruang (prisma, tabung, limas terpancung, balok, dan kubus), kekongruenan , dan transformasi geometri (refleksi dan translasi). Pada sistem kesenian alat musik dan gerakan tari Pencak Macan Gresik terdapat konsep matematika yaitu sudut (sudut siku-siku, tumpul, dan lancip), bangun datar (lingkaran, persegi, segitiga sama kaki, trapesium, persegi panjang, dan gabungan dua bangun datar), bangun ruang (kerucut terpancung, tabung, bola, dan gabungan dua bangun ruang), kedudukan dua garis (dua garis sejajar, dan berpotongan), kedudukan dua lingkaran (L1 dan L2 bersinggungan di luar, dan L2 terletak di dalam L1 (konsetris)), garis lengkung, dan transformasi geometri. Dengan demikian budaya kampung Kemasan Gresik dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.