Analisis Representasi Matematis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Aritmatika Sosial
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p958-967Abstract
Representasi matematis adalah produk nyata dari ide atau hubungan antara ide matematika yang dapat disimbolkan, diwakilkan, dan didiskusikan seperti tabel, simbol, dan gambar. Representasi matematis memiliki beberapa jenis representasi yaitu representasi visual, representasi simbol, dan representasi verbal. Representasi matematis dapat digunakan sebagai alat untuk memecahkan masalah dan penggunaan representasi matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan dapat berbeda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa SMP dalam memecahkan masalah aritmatika sosial. Subjek dari penelitian ini adalah satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan kelas VII SMP yang memiliki kemampuan matematika sedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen pendukung yaitu Tes Kemampuan Matematika, Tugas Pemecahan Masalah, dan pedoman wawancara. Hasil yang didapatkan adalah siswa laki-laki maupun siswa perempuan tidak menggunakan representasi visual pada setiap tahap. Pada tahap memahami masalah dan melaksanakan rencana siswa laki-laki maupun siswa perempuan menggunakan representasi simbol dan representasi verbal namun siswa laki-laki kurang dalam menggunakan representasi verbal. Dalam menyusun rencana, siswa laki-laki menggunakan representasi verbal sedangkan siswa perempuan tidak menggunakan representasi apapun, dan pada tahap refleksi, siswa laki-laki dan siswa perempuan melewatkan tahap ini. Oleh karena itu, bagi pembaca yang bekerja dalam bidang pembelajaran untuk siswa diharapkan dapat melatih siswa dengan menggunakan pemecahan masalah yang membutuhkan representasi matematis agar siswa terlatih menggunakan berbagai macam representasi matematis.