PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

  • AGATRA PRIMA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian terbatas dilakukan pada siswa kelas VII-D SMP Negeri 42 Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Pada penelitian ini, data diperoleh dari pengisian lembar keterlaksanaan pembelajaran oleh pengamat, hasil pekerjaan siswa pada TKS1, TKS2, dan lembar tes hasil belajar, dan respons siswa pada lembar angket respons. Dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas termasuk baik dengan rata-rata 3,97, Peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah diterapkan model pembelajaran JUCAMA 52% dari 36 siswa yang semula 0%. Hasil belajar siswa rata-rata 47,83 jauh dari KKM yang ditentukan yaitu 76, dan respons siswa terhadap model pembelajaran JUCAMA adalah positif.

Published
2014-08-07
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 35