PENERAPAN STRATEGI REACT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMPN 1 WONOAYU KELAS VIII-H

  • AILUL MASLIKHAH

Abstract

Permasalahan di SMP Negeri 1 Wonoayu adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Tuntutan pada kurikulum 2013 yaitu tercapainya hasil belajar siswa yaitu . Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mengembangkan salah satu perangkat pembelajaran yaitu LKS. LKS dalam penelitian ini dipadukan dengan komik, yaitu salah satu bahan bacaan yang digemari siswa. komik memiliki beberapa keunggulan, salah satunya yaitu memiliki cerita, gambar, dan bahasa yang menarik dan komunikatif. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul ”Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Komik pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMPN 1 Wonoayu”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis komik yang layak digunakan dalam pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan LKS yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan LKS tersebut mengacu pada model 4-D (Four D Models) yang telah disesuaikan dengan penelitian ini sehingga menjadi tiga tahap, yaitu 1) Define, 2) Design, dan 3) Develop. Sebagai obyek penelitian yaitu siswa kelas VII H SMP Negeri 1 WonoayuSidoarjo.
Hasil penelitian ini berupa LKS berbasis komik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. LKS berbasis komik ini mendapatkan rata-rata total 4,09 dan 3,85. LKS berbasis komik dinyatakan dapat digunakan dengan revisi kecil. Berdasarkan hasil uji coba, LKS berbasis komik memenuhi kriteria efektif. Keefektifan ini didapatkan dari hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 100%, dan respon positif siswa yaitu 94,7%.
Kata kunci: LKS, Komik, Hasil belajar

Published
2014-08-07
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 38