IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 2 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n2.p%25pAbstract
Secara umum tujuan diberikannya matematika disekolah adalah untuk membantu siswa mempersiapkan diri agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, dan kritis, serta mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir metematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Berpikir logis adalah suatu proses berpikir dalam menarik kesimpulan yang berupa pengatahuan berdasarkan fakta yang ada dengan menggunakan argumen yang sesuai dengan langkah dalammenyelesaikan masalah hingga didapat suatu kesimpulan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis dalam pemecahan masalah matematika pada siswa SMP. Subjek penelitian ini sebanyak tiga orang siswa, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang dan rendah masing-masing satu siswa dari kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo tahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes kemampuan berpkir logis dalam pemecahan masalah matematika dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemecahan masalah matematika: (1) subjek berkemampuan pemecahan masalah matematika tinggi menunjukkan karakteristik kemampuan berpikir logis mampu berpikir secara runtut, dapat memberikan argumennya dalam setiap langkah pemecahan masalah, mampu memeberikan kesimpulan dengan tepat; (2) subjek berkemampuan pemecahan masalah matematika sedang menunjukkan karakteristik kemampuan berpikir logis mampu berpikir secara runtut, dapat memberikan argumennya dalam setiap langkah pemecahan masalah, mampu memeberikan kesimpulan namun kurang tepat; (3) subjek berkemampuan pemecahan masalah matematika rendah menunjukkan karakteristik kemampuan berpikir logis mampu berpikir secara runtut, tidak mampu memberikan argumennya dalam setiap langkah pemecahan masalah, tidak mampu memeberikan kesimpulan.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Logis, Pemecahan Masalah matematika.
Downloads

