PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI POKOK TEOREMA PYTHAGORAS

  • BURHAN FAUZI

Abstract

Penggunaan teknologi untuk menunjang kegiatan pembelajaran sesuai dengan amanah KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 pada jenjang SMP. Pemanfaatan teknologi dapat diwujudkan melalui media pembelajaran yang berbasis multimedia interaktif. Salah satu materi pada kelas VII SMP yang dapat disajikan dalam media interaktif adalah Teorema Pythagoras. Dalam penelitian ini materi Teorema Pythagoras yang diajarkan berfokus pada sub materi pokok menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan sisi-sisi segitiga siku-siku dan memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras.
Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi pokok Teorema Pythagoras dan 2) menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif yang berkualitas baik yaitu valid, praktis dan efektif. Media pembelajaran multimedia interaktif dibuat menggunakan software Adobe Flash CS5. Model penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu, 1) analisis kebutuhan, 2) desain dan 3) pengembangan dan uji coba terbatas.
Pada fase pengembangan, validator menyatakan bahwa media ini memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata dari ahli materi sebesar 3,26 dan ahli media sebesar 3,23. Penilaian umum validator menyatakan media bisa digunakan dengan sedikit revisi dan hasil observasi siswa yang menunjukkan siswa mengalami sedikit kendala dalam menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif sehingga media ini memenuhi kriteria praktis. Hasil tes belajar siswa menunjukkan 100% siswa mendapat skor ≥76 dan siswa merespons positif media dengan nilai rata-rata sebesar 81,7% sehingga media ini memenuhi kriteria efektif.
Kata kunci: pengembangan multimedia interaktif, Teorema Pythagoras.

Published
2014-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 55