PEMAHAMAN SISWA SMP DALAM MELAKUKAN ESTIMASI LUAS BANGUN DATAR BERATURAN DAN TIDAK BERATURAN DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • DEFI INDAH PERMATASARI

Abstract

Salah satu cara memotivasi siswa dalam belajar matematika adalah dengan menyediakan kesempatan untuk menduga dan memperkirakan jawaban dari sebuah persoalan, atau dapat disebut dengan istilah estimasi. Estimasi tidak hanya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, namun juga dapat membantu guru dalam pelajaran luas bangun datar beraturan dan tidak beraturan, karena berdasarkan data TIMSS dan NAEP menunjukkan bahwa kemampuan siswa kurang dalam pelajaran pengukuran dibandingkan dengan topik lainnya. Oleh karena itu, melalui pemahaman yang baik dalam melakukan estimasi dapat mengakibatkan siswa juga memiliki pemahaman yang baik tentang pengukuran luas dan memiliki ketrampilan berhitung yang baik. Berfokus pada kenyataan yang ada, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa dalam melakukan estimasi luas bangun datar beraturan dan tidak beraturan ditinjau dari kemampuan matematika siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan dengan subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VII SMP N Ngoro tahun ajaran 2013-2014 dengan rincian masing-masing subjek memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Untuk mecapai tujuan penelitian, maka dalam penelitian ini digunakan instrumen penelitian yang telah dinyatakan valid, yang terdiri dari tes kemampuan siswa, tes estimasi, dan pedoman wawancara.
Hasil dari penelitian ini adalah deskripsi pemahaman siswa dalam melakukan estimasi luas bangun datar beraturan dan tidak beraturan, meliputi (1) menyatakan kembali informasi yang telah diberikan, (2) menggunakan prinsip, strategi, dan prosedur tertentu, (3) melakukan pemeriksaan kembali. Deskripsi pemahaman siswa dalam melakukan estimasi luas bangun datar beraturan dan beraturan, menghasilkan siswa berkemampuan tinggi cenderung memenuhi ketiga indikator pemahaman dalam melakukan estimasi, sedangkan untuk siswa berkemampuan sedang dan siswa berkemampuan rendah cenderung tidak memenuhi ketiga indikator pemahaman dalam melakukan estimasi.
Kata kunci: Estimasi, pemahaman, pengukuran luas, kemampuan matematika siswa
Abstract
One of the ways to motivate students on learning mathematics is by giving them a chance to guess and estimate the answer of certain questions, or can be called as the estimation. Estimation not only can develop students’ learning motivation, but also can help the teacher in the area of regular plane and irregular plane learning materials, because based on the data from TIMSS and NAEP, it shows that the students are still lack of the ability in the measurement learning materials than the other topics. Therefore, the good understanding in estimating can affect the students for having good understanding of area measurement and having the good counting skill. Based on fact, this researc

Published
2014-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 70