Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Dengan Teknik BrainstormingPada Materi Barisan Dan Deret

  • DINDA PRAMITA SUWANDI

Abstract

Pendidikan matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu berdasarkan permendikbud No. 65 Tahun 2013, pemerintah Indonesia memberlakukan kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, memotivasi siswa, serta melatih kemandirian dan kreativitas siswa. Satu diantara model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengaktifkan siswa dalam kelas serta membantu siswa melatih keterampilan berkomunikasi adalah model pembelajaran diskusi kelas. Namun pada kenyataan pembelajaran di kelas didominasi oleh siswa yang suka berbicara dan memungkinkan pembicaraan yang menyimpang dari topik. Oleh karena itu, diperlukan teknik pembelajaran dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan teknik brainstorming. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan rancangan one-shot-case study. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA Semen Gresik tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa dan 6 siswa diantaranya menjadi subyek pengamatan aktivitas siswa. pengambilan data dilakukan selama tiga kali pertemuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktifitas siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa yang dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) pengelolaan pembelajaran memperoleh rata-rata skor sebesar 3,18 dan termasuk dalam kriteria baik, (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran tergolong aktif dengan jumlah presentase rata-rata seluruh aktivitas siswa selain perilaku tidak relevan adalah sebesar 94,91%, (3) hasil belajar siswa menunjukkan bahwa banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar kognitif klasikal sebesar 72% dengan rata-rata nilai 79,99 dan hasil belajar afektif sebesar 33,33% yang termasuk kriteria sangat baik, baik, dan cukup, (4) respon siswa terhadap proses pembelajaran positif yang ditunjukkan oleh banyak item pernyataan dengan kriteria baik sebesar 80% dan banyak item pernyataan dengan kriteria sangat baik sebesar 20%.
Kata kunci : model pembelajaran diskusi kelas, teknik brainstorming, barisan dan deret.

Published
2014-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 19