Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Struktural Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kamal

  • DINDA NURIMAMI SAVITRI

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah suatu upaya untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tertentu kepada manusia untuk mengembangkan potensi diri agar mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi akibat adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal saat ini adalah masih rendahnya daya serap siswa yang tampak pada rata-rata hasil belajar kognitif pelajaran matematika. Oleh karena itu, perlu diterapkannya model pembelajaran yang cocok dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif struktural Numbered Heads Together (NHT) adalah suatu pendekatan pembelajaran kooperatif yang melibatkan semua siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran dengan menggunakan struktur empat langkah, yaitu: penomoran, mengajukan pertanyaan, berfikir bersama dan menjawab. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa pada pembelajaran kooperatif struktural Numbered Heads Together (NHT) pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Kamal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kamal tahun ajaran 2013-2014. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Hasil analisis data menunjukkan: (1) pengelolaan pembelajaran oleh guru secara keseluruhan dapat dikategorikan baik; (2) siswa tergolong tidak aktif selama pembelajaran dengan rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 61,24%; (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,60; (4) respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif struktural Numbered Heads Together (NHT) adalah positif.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Struktural Numbered Heads Together (NHT)

Published
2014-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 29