PROFIL KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • DONNY DWI FARISDIANTO

Abstract

Kesulitan siswa dalam belajar geometri berhubungan erat dengan kemampuan spasial. Kemampuan spasial dibutuhkan siswa untuk menunjang dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya geometri. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan spasial siswa SMP dalam mengamati suatu bangun ruang atau bagian-bagian bangun ruang, memanipulasi suatu objek, merotasikan suatu objek, mengerti wujud keruangan dari suatu benda atau bagian dari benda, dan membayangkan bentuk objek dari perspektif berbeda.
Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa dari kelas IX-B SMP ULUL ALB@B Sidoarjo yang diambil dari masing-masing tingkat kemampuan matematika, setelah diberi tes kemampuan matematika. Untuk mengetahui profil kemampuan spasial siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri, maka subjek penelitian diberikan tes geometri I dan kemudian diwawancara. Untuk menguji kredibilitas data, dilakukan triangulasi waktu dengan memberi tes geometri II dan melakukan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi dan siswa dengan kemampuan sedang memiliki kemampuan spasial yang relatif sama. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak memiliki kemampuan dalam mengubah secara mental posisi suatu susunan bangun ruang serta mengenali perubahan bagian susunan bangun ruang tersebut. Selain itu, siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam menunjukkan permukaan suatu bangun ruang dengan perspektif berbeda
Kata Kunci: Profil Kemampuan spasial, kemampuan matematika

Published
2014-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 125