IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA OPEN-ENDED DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • FATIMATUZAHRO BM

Abstract

Peneliti mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika open-ended berdasarkan kemampuan matematika yang dimiliki siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa penyelesaian soal matematika open-ended oleh siswa berkemampuan matematika tinggi menunjukkan kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki yaitu, mampu memberikan lebih dari satu jawaban, belum mampu memberikan lebih dari satu cara penyelesaian, belum mampu memberikan jawaban yang tidak biasa diberikan oleh siswa lain, mampu menambah dan memerinci informasi dari soal serta mampu menjelaskan maksud dari soal yang diberikan. Siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif yaitu, mampu memberikan lebih dari satu jawaban, belum mampu memberikan lebih dari satu cara penyelesaian, belum mampu memberikan jawaban yang tidak biasa diberikan oleh siswa, belum mampu menambah dan memerinci informasi dari soal serta mampu menjelaskan maksud dari soal yang diberikan. Siswa dengan kemampuan matematika rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif yaitu, belum mampu memberikan lebih dari satu jawaban, belum mampu memberikan lebih dari satu cara penyelesaian, belum mampu memberikan jawaban yang tidak biasa diberikan oleh siswa, belum mampu menambah dan memerinci informasi dari soal serta mampu menjelaskan maksud dari soal yang diberikan.
Kata Kunci: open-ended, berpikir kreatif.

Published
2014-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 53