PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP DALAM PENGAJUAN SOAL MATERI ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • FITROTUN NISA

Abstract

Pemahaman adalah kemampuan mengaitkan atau menghubungkan informasi tentang objek dengan skemata yang telah dimilki. Pemahaman dalam matematika diperlukan agar siswa dapat menyelesaikan masalah secara efektif. Salah satu cara untuk melatih pemahaman siswa dapat melalui pemberian tugas pengajuan soal. Dalam pengajuan soal siswa dituntut untuk mengajukan dan menyelesaikan soal yang telah dibuatnya. Materi yang dipilih untuk penelitian ini adalah aljabar dikarenakan materi aljabar dianggap sulit oleh siswa kelas VIII. Pemahaman dalam pengajuan soal meliputi 1) memahami soal yang diajukan, 2) dapat mengaitkan soal dengan informasi yang diberikan, 3) soal yang diajukan merupakan soal yang terkait dengan materi, 4) memberikan cara penyelesaian yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa kelas VIII SMP dalam pengajuan soal materi aljabar ditinjau dari kemampuan matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 4 Sidoarjo tahun ajaran 2013 – 2014. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa untuk tiap kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan matematika, tes pengajuan soal, dan pedoman wawancara. Sedangkan prosedur penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis yang kemudian menuliskannya dalam laporan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengajuan soal pertama dan kedua, siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah tidak mengaitkan soal dengan materi. Hanya siswa kemampuan tinggi yang dapat memberikan cara penyelesaian yang berbeda. Siswa berkemampuan rendah pada pengajuan soal kedua juga tidak memenuhi indikator memahami keterkaitan informasi untuk mengajukan dan menyelesaikan soal. Siswa berkemampuan rendah tidak memenuhi semua indikator pemahaman siswa dalam pengajuan soal.
Kata kunci: Pemahaman, pengajuan soal, pemahaman siswa dalam pengajuan soal.

Published
2014-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 31