EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII-A SMP NEGERI 1 LAMONGAN

  • GHEOVANI PUSPA ADILA AKHMAD

Abstract

Model-Eliciting Activities (MEAs) merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan aktivitas siswa untuk mendatangkan, mendapatkan, atau memperoleh penyelesaian dari masalah nyata yang diberikan melalui proses mengaplikasikan prosedur matematis untuk membentuk sebuah model matematika. Pembelajaran dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) dapat membantu siswa mengeksplorasi kreativitas dalam membuat model matematika dari sebuah masalah nyata dan mendorong siswa berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di kelas VII SMP Negeri 1 Lamongan yang ditinjau dari 4 indikator, yaitu: kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan MEAs, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan pendekatan MEAs, ketuntasan belajar siswa, dan respons siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan MEAs.
Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan adalah efektif. Setiap aspek kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan pendekatan MEAs yang diamati memenuhi kriteria efektivitas dengan kategori baik atau sangat baik. Aktivitas siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan selama mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan MEAs memenuhi kriteria efektivitas dengan persentase aktivitas siswa yang relevan dengan KBM mencapai 97,66% dan termasuk dalam kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan MEAs tuntas secara klasikal, sebanyak 28 (82,35%) siswa mencapai nilai 2,66 atau lebih. Respons siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan MEAs pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel memenuhi kriteria efektivitas dengan 90% respons siswa mencapai kategori positif atau sangat positif.
Kata Kunci: Model-Eliciting Activities (MEAs), efektivitas pembelajaran.

Published
2014-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 428
PDF Downloads: 516