PROFIL PEMECAHAN MASALAH OPEN-ENDED SISWA BERKEPRIBADIAN STJ DAN NFJ PADA MATERI RATA-RATA HITUNG

  • IMMAS METIKA ALFA LUTFIANANDA

Abstract

Setiap siswa merupakan individu unik yang memiliki kepribadian berbeda. Perbedaan itu berpengaruh pada cara siswa dalam memperoleh informasi, mengambil keputusan, dan melaksanakan tugas dengan pola tertentu. Perbedaan tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang dimiliki siswa dimungkinkan mempengaruhi proses pemecahan masalah open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah open-ended pada materi ukuran pemusatan data berdasarkan tipe kepribadian MBTI siswa. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Madiun tahun ajaran 2013/2014 yang mewakili tipe STJ (Sensing-Thinking-Judging) dan tipe NFJ (Intuition-Feeling-Judging) . Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes kepribadian, lembar tes pemecahan masalah open-ended, dan pedoman wawancara. Hasil tes pemecahan masalah open-ended dianalisis menggunakan langkah pemecahan masalah Polya. Pada tahap memahami masalah, kedelapan subjek dapat menceritakan kembali masalah yang diberikan dengan kalimat sendiri. Tetapi hanya enam dari delapan subjek yang menyadari ketentuan yang tidak tertulis pada masalah. Dalam menyusun strategi, semua subjek mengaitkan informasi yang diketahui dengan konsep rata-rata yang dimiliki dalam menyusun strategi. Sementara itu, dua subjek menyusun strategi yang tidak sesuai dengan ketentuan dikarenakan terdapat informasi yang tidak dimiliki. Sedangkan pada tahap pelaksanaan strategi dan memeriksa kembali, dua dari delapan subjek yang cenderung konsisten memeriksa kesesuaian pelaksanaan dan pemecahan masalah dengan ketentuan atau informasi yang diketahui.
Kata kunci: profil pemecahan masalah, masalah open-ended, tipe kepribadian MBTI

Published
2014-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 90