PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TINGKAT KECERDASAN KINESTETIK DI KELAS X-TARI 3 SMK NEGERI 12 SURABAYA

  • JUMADI BM

Abstract

Pemecahan masalah telah disarankan sejak dahulu oleh NCTM (2000). Pemecahan masalah melatih siswa lebih terampil dan kreatif. Polya (1973) menyatakan bahwa pemecahan masalah memiliki dua tujuan yaitu siswa sukses dalam belajar matematika dan mampu menyelesaikan masalah dalam aktivitas sehari-hari. Pemecahan masalah setiap individu berbeda-beda bergantung pada kecerdasan siswa. Kecerdasan kinestetik memiliki hubungan dengan prestasi belajar matematika siswa.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika berdasarkan tingkat kecerdasan kinestetik. Penelitian dilaksanakan dikelas X-Tari 3, SMK Negeri 12 Surabaya pada Februari-Maret 2014. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan angket kecerdasan kinestetik. Subjek yang dipilih yaitu masing-masing satu subjek dari tiga kelompok kecerdasan kinestetik tinggi, sedang dan rendah. Analisis data dilakukan melalui tes pemecahan masalah dan wawancara. Materi tes adalah barisan dan deret aritmetika.
Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) Profil pemecahan masalah matematika siswa dengan kinestetik tinggi yaitu siswa kesulitan menyebutkan data yang diketahui dan ditanyakan. Rencana penyelesaian belum mengarah pada penyelesaian. Siswa melakukan salah operasi hitung dan kurang teliti namun memahami konsep. Siswa tidak melakukan perhitungan ulang sehingga hasil akhir tidak benar. (2) Profil pemecahan masalah matematika siswa dengan kinestetik sedang yaitu siswa mampu menyebutkan data yang diketahui dan ditanyakan. Rencana dan strategi penyelesaian jelas. Siswa melakukan kesalahan operasi hitung. Siswa tidak yakin dengan perhitungannya. (3) Profil pemecahan masalah matematika siswa dengan kinestetik rendah yaitu siswa mampu menyebutkan data yang diketahui dan ditanyakan. Rencana penyelesaian belum mengarah pada penyelesaian. Siswa salah memasukkan data dan salah konsep. Siswa ragu dengan hasil perhitungannya.
Kata kunci : pemecahan masalah matematika, kecerdasan kinestetik, barisan dan deret aritmetik

Published
2014-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 42