PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN TUGAS PENGAJUAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

  • MOCHAMAD MISBACHUL MUNIR ARDY

Abstract

Pembelajaran dengan tugas pengajuan masalah adalah pembelajaran yang menekankan pada siswa untuk membuat soal dari masalah yang diberikan. Penelitian Cai dan Abu-Elwan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan tugas pengajuan masalah berdampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu, pembelajaran dengan tugas pengajuan masalah penting dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelatif dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan tugas pengajuan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pengaruh kualitas soal yang dibuat siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 1 Krian semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang pada tiap kelasnya terdapat 34 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan bahwa pembelajaran dengan tugas pengajuan masalah berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi barisan dan deret aritmatika. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penelitian yang memberikan nilai Fhitung sebesar 9,905 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 4,016 dan setelah diuji lanjut, diperoleh nilai thitung sebesar 2,5 yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,7. Sedangkan hasil penelitian yang kedua menunjukkan bahwa kualitas soal yang dibuat oleh siswa memiliki korelasi yang positif dengan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien korelasi poin biseri rpbi sebesar 0,52 yang termasuk dalam kategori korelasi kuat dan bernilai positif yang termasuk dalam kategori korelasi positif. Selain itu nilai t yang diperoleh (3,20) lebih besar dari pada nilai t tabel (2,05), sehingga diperoleh kesimpulan bahwa antara kualitas soal yang dibuat dan kemampuan pemecahan masalah memiliki korelasi yang positif.
Kata Kunci : tugas pengajuan masalah, kemampuan pemecahan masalah.

Published
2014-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 69