PROFIL KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKADITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN JENIS KELAMIN

  • NAILATUR ROHMAH

Abstract

Komunikasi matematika merupakan proses yang esensial dalam pembelajaran matematika karena melalui komunikasi, siswa merenungkan, memperjelas dan memperluas ide dan pemahaman mereka tentang hubungan dan argumen matematika. Sementara itu, adanya perbedaan gaya kognitif dan jenis kelamin masing-masing siswa, memungkinkan terjadinya perbedaan komunikasi tertulis dan lisan mereka dalam memecahkan masalah matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan profil komunikasi siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif dan jenis kelamin.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII-C SMP Negeri 2 Taman tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini terdiri dari satu siswa laki-laki dengan gaya kognitif Field Independent (SLI), satu siswa perempuan dengan gaya kognitif Field Independent (SPI), satu siswa laki-laki dengan gaya kognitif Field Dependent (SLD), dan satu siswa perempuan dengan gaya kognitif Field Dependent (SPD).
Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) SLI menuliskan/menyebutkan hal yang diketahui dan ditanyakan, secara akurat, lancar, namun tidak lengkap; menuliskan/menyebutkan strategi penyelesaian, langkah-langkah penghitungan, kesimpulan secara akurat, lengkap, dan lancar; (2) SPI hal yang diketahui dan ditanyakan secara akurat, lancar, namun tidak lengkap; menuliskan/menyebutkan strategi penyelesaian, langkah-langkah penghitungan secara akurat, lengkap, dan lancar; menuliskan/menyebutkan kesimpulan secara tidak akurat, tidak lengkap, namun lancar; (3) SLD menuliskan/menyebutkan hal yang diketahui dan ditanyakan secara akurat, lengkap, namun tidak lancar; menggunakan strategi penyelesaian, langkah-langkah penghitungan, kesimpulan secara tidak akurat, tidak lengkap, dan tidak lancar; (4) SPD menuliskan/menyebutkan hal yang diketahui dan ditanyakan secara akurat, lengkap, dan lancar; menggunakan strategi penyelesaian, langkah-langkah penghitungan, kesimpulan secara tidak akurat, tidak lengkap, namun lancar.
Kata Kunci: profil komunikasi, pemecahan masalah matematika, gaya kognitif, jenis kelamin.

Published
2014-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 49