PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TEORI BEBAN KOGNITIF PADA MATERI GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN DI KELAS VIII-F SMP NEGERI 1 PASURUAN

  • NUR RAKHMAH FITRIYAH

Abstract

Matematika merupakan bidang studi yang penting untuk dipelajari karena erat kaitanya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih banyak yang belum menyadari pentingnya matematika. Pembelajaran matematika yang terjadi selama ini masih kurang efektif, guru lebih mendominasi pembelajaran, model yang digunakan kurang bervariasi, dan peserta didik masih kesulitan menerapkan konsep untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) cocok untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
Model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) merupakan salah satu model pembelajaran yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah dan keterampilan intelektual, belajar berbagai peran, melalui pengalaman belajar dalam kehidupan nyata. Selain itu juga memperhatikan teori beban kognitif peserta didik agar mengoptimalkan kinerja intelektual.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran PBI dengan memperhatikan teori beban kognitif pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII-F SMP Negeri 1 Pasuruan yang ditinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, ketuntasan belajar peserta didik dan respon peserta didik.
Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 1 Pasuruan tahun ajaran 2013-2014. Dua kelompok dipilih secara acak untuk diamati aktivitasnya. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study, pembelajaran menggunakan model PBI dengan meperhatikan teori beban kognitif dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Selama pembelajaran tersebut diamati kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik dan perilaku afektif peserta didik.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBI dengan meperhatikan teori beban kognitif dikatakan efektif dengan terpenuhinya beberapa aspek yaitu (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran secara keseluruhan dapat dikategorikan sangat baik; (2) peserta didik tergolong aktif selama pembelajaran dengan rata-rata persentase aktivitas peserta didik adalah 94,01; (3) persentase peserta didik yang tuntas sebesar 86,36%; dan (4) respons peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBI dengan memperhatikan teori beban kognitif adalah positif.
Kata kunci: PBI, teori beban kognitif, matematika, sekolah menengah

Published
2014-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 70