PROSES BERPIKIR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

  • NURUL ISTIQOMAH

Abstract

Setiap siswa memiliki proses berpikir yang berbeda yaitu proses berpikir konseptual, proses berpikir semikonseptual dan proses berpikir komputasional. Selain berbeda pada proses berpikir, siswa juga dapat berbeda pada gaya kognitifnya. Pada penelitian ini, Field Dependent dan Field Independent merupakan gaya kognitif yang dianggap mampu menanggulangi efek pengecoh pada soal cerita. Oleh karena itu penelitian ini mencoba mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Dengan mengetahui gaya kognitif dan proses berpikir siswa, diharapkan dapat memilih metode pengajaran yang tepat bagi tiap siswa sesuai dengan gaya kognitif dan memberikan perhatian pada tiap siswa sesuai dengan proses berpikir yang dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas IX SMP Negeri 1 Babat pada semester gasal tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 30 siswa. Pengambilan data ini dilakukan selama dua kali pertemuan dengan 2 instrumen penelitian yaitu GEFT dan tes soal cerita matematika. GEFT dan tes soal cerita matematika dilakukan pada pertemuan pertama. Sedangkan pada pertemuan kedua dilakukan wawancara terhadap 4 subjek terpilih dengan kriteria 1 siswa Field Dependent berkemampuan tinggi, 1 siswa Field Independent berkemampuan tinggi, 1 siswa Field Dependent berkemampuan sedang, dan 1 siswa Field Independent berkemampuan sedang. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa (1) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan gaya kognitif Field Dependent pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung cenderung semikonseptual. Subjek dikatakan cenderung memiliki proses berpikir semikonseptual apabila dalam menyelesaikan soal cerita lebih banyak menggunakan proses berpikir semikonseptual, (2) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan gaya kognitif Field Independent pada pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung adalah konseptual dan semikonseptual. Subjek dikatakan cenderung memiliki proses berpikir konseptual apabila dalam menyelesaikan soal cerita lebih banyak menggunakan proses berpikir konseptual. Sedangkan subjek dikatakan cenderung memiliki proses berpikir semikonseptual apabila dalam menyelesaikan soal cerita lebih banyak menggunakan proses berpikir semikonseptual.
Kata kunci : Proses Berpikir, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent

Published
2014-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 303