PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE IMPROVE PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN DI KELAS X-B SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

  • RETNANING PUTRI LAKSONO

Abstract

Salah satu tugas guru adalah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam pembuatan RPP, guru perlu untuk menentukan model, metode, atau strategi dalam pembelajaran. Pembelajaran yang searah dengan guru yang memberikan informasi secara langsung tidak melibatkan siswa secara aktif dan siswa tidak diberi kesempatan untuk membangun pengetahuan mereka sendiri. Oleh karena itu, diperlukan suatu model, metode, atau strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan dapat membangun pengetahuan mereka sendiri. Metode IMPROVE merupakan salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, dapat membangun pengetahuan mereka sendiri, dan dapat diterapkan pada pembelajaran matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa pada pembelajaran menggunakan pembelajaran dengan metode IMPROVE pada materi pertidaksamaan di kelas X-B SMAN 1 Kauman Tulungagung.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X-B SMAN 1 Kauman Tulungagung tahun ajaran 2013-2014. Dua kelompok yang beranggotakan delapan siswa dipilih secara acak dari kelas X-B sebagai subjek pengamatan aktivitas siswa. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study, dilaksanakan selama tiga pertemuan untuk pembelajaran dengan metode IMPROVE dan satu pertemuan untuk tes dan angket respons siswa. Selama pembelajaran tersebut diamati pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa.
Hasil analisis data menunjukkan: (1) pengelolaan pembelajaran oleh guru secara keseluruhan dapat dikategorikan baik; (2) siswa tergolong aktif selama pembelajaran dengan rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 75,47%, selanjutnya aktivitas siswa yang dominan adalah mendiskusikan permasalahan yang diberikan dengan anggota kelompok dan mengerjakan kuis secara individu; (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 74,95; dan (4) respons siswa terhadap pembelajaran dengan metode IMPROVE adalah positif.
Kata kunci: pembelajaran dengan metode IMPROVE

Published
2014-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 23