PENERAPAN STRATEGI REACT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMPN 1 WONOAYU KELAS VIII-H

  • RIZA HARY AGUSTIN

Abstract

Proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan. Diperlukan inovasi dalam pembelajaran matematika agar siswa terlibat aktif untuk menemukan sendiri konsep yang akan diterima dan mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari siswa. Penerapan strategi REACT dengan menggunakan pendekatan kontekstual merupakan salah satu alternatif pembelajaran untuk membuat pembelajaran matematika menjadi bermakna dan membuat siswa aktif selama pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa terkait dengan penerapan strategi REACT dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada materi teorema Pythagoras di SMPN 1 Wonoayu kelas VIII-H. Guru dan siswa kelas VIII-H SMPN 1 Wonoayu tahun ajaran 2013/2014 merupakan subyek penelitian ini. Satu kelompok dipilih secara acak untuk diamati aktivitasnya dan peneliti bertindak sebagai guru dalam penelitian ini.
One Shot-Case Study merupakan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini. Penerapan strategi REACT dengan menggunakan pendekatan kontekstual dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Selama pembelajaran tersebut diamati guru mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa. Satu pertemuan selanjutnya dilakukan tes hasil belajar dan pemberian angket respon siswa.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) pengelolaan pembelajaran termasuk dalam kriteria baik dengan skor rata-rata sebesar 3,58; (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran tergolong aktif dengan jumlah persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa selain memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru atau teman dan berperilaku yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran sebesar 77,34%; (3) hasil belajar siswa menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 81,08%; (4) respon siswa terhadap penerapan strategi REACT dengan menggunakan pendekatan kontekstual dikatakan positif.
Kata kunci: pendekatan kontekstual, strategi REACT, teorema Pythagoras

Published
2014-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 31