PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS X

  • SITI KHOMARIYAH

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat diterapkan pada kurikulum 2013 yang berbasis pendekatan saintifik (Scientific Approach) karena model ini menjadikan masalah sebagai fokus utama. Penyelesaian masalah dalam PBL dapat mengasah kreativitas siswa dalam mencari altenatif penyelesaian. Metode pembelajran yang mengasah kreativitas siswa dalam mencari altenatif solusi permasalahan yakni metode Creative Probem Solving (CPS). Perpaduan antara model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Creative Problem Solving (CPS) menjadikan sebuah pembelajaran yang berfokus pada suatu permasalahan dan memunculkan berbagai alternatif solusi pemecahan masalah sebagai wujud kreativitas siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif karena menggambarkan keadaanyang berlangsung selama proses penelitian. Penelitian yang dilakukan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Creative Problem Solving (CPS). Data yang diperoleh berupa pengeloalaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Creative Problem Solving (CPS). Subjek penelitian ini meliputi guru pengajar dan siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto semester genap tahun ajaran 2013/1014. Dai 34 siswa tersebut dipilih secara acak empat siswa sebagai subjek pengamatan aktivitas siswa. Guru yang menjadi subjek penelitian yakni peneliti. Rancangan yang digunakan dalam penelitianini adalah one shoy case study. Hasil analisis data menunjukkan: (1) pengelolaan pembelajaran keseluruhan dapat dikategorikan sangat baik;, (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dapat dikategorikan efektif;, (3) ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan sebesar 85,29%, pada aspek keterampilan sebesar 83,35%, dan 88,24% pada aspek sikap;, dan (4) respons siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Creative Problem Solving (CPS) termasuk dalam kategori baik.
Kata kunci: Perangkat Problem based learning, creative problem solving

Published
2014-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 311
PDF Downloads: 85