EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALY (TAI) PADA MATERI TRAPESIUM

  • YUNITA KURNIA WINANTIKA

Abstract

Model pembelajaran yang dikembangkan oleh Slavin salah satunya adalah model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Keunggulan dari TAI adalah mengkombinasikan keunggulan komparatif dan program pengajaran individual, memberikan tekanan pada efek sosial dari belajar kooperatif serta memecahkan masalah kesulitan belajar individual. TAI memiliki delapan komponen pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang efektivitas kooperatif tipe TAI didasarkan pada 4 aspek sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMPN 2 Bandung Tulungagung dan peneliti bertindak sebagai guru dalam melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan rancangan pembelajaran “One Shot Case Study”. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar dan lembar angket respons siswa.
Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif dengan tipe TAI efektif, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran kooperatif dengan tipe TAI efektif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal tuntas, yang ditunjukkan oleh 96% siswa memenuhi KKM, dan respons positif siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan tipe TAI pada materi trapesium di kelas VII-E SMPN 2 Bandung Tulungagung adalah efektif.
Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, Kooperatif, Time Assisted Individualization (TAI)

Published
2014-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 27