JARINGAN SOSIAL BONEK DI MALANG RAYA

  • MOH. ALFA HASYIM

Abstract

Abstrak

Bonek Mania merupakan salah satu suporter terbesar yang ada di Indonesia. Dimana mereka tidak hanya berada di Kota Surabaya saja melainkan diberbagai kota di Indonesia, mereka membangun sebuah jaringan dengan warga sekitar dan beberapa komunitas Bonek mania yang ada di beberapa kota terdekat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk jaringan sosial yang dibangun oleh Bonek Malang Raya dengan warga sekitar dan bentuk jaringan sosial Bonek Malang Raya dengan beberapa komunitas Bonek di berbagai kota terdekat. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teori jaringan sosial dari Grannoverter dan menggunakan pendekatan pertukaran sosial Peter M.Blau yang menjelaskan hubungan antar aktor atau struktur yang ada didalam komunitas Bonek Malang Raya tersebut yang nantinya dipahami sebagai interaksi dan bentuk jaringan antar bonek yang dilakukan secara rutin, beserta pertukaran dan tawaran yang ada di sebuah komunitas tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan obesrvasi sementara teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktor-aktor yang terlibat dalam jaringan sosial Bonek Malang Raya menghubungkan antara Bonek Malang Raya dengan beberapa komunitas Bonek mania lainnya yang ada di beberapa kota terdekat lainnya. Selain itu komunitas Bonek Malang Raya terbentuk juga karena rasa cinta dan bangga terhadap Persebaya Surabaya, hingga perasaan senasib dan sepenanggungan karena kebanyakan anggota dari komunitas Bonek Malang Raya banyak yang berasal dari Kota Surabaya. Kemudian dihubungkan dengan bentuk antara warga dan beberapa komunitas Bonek mania yang ada di beberapa kota terdekat.

Kata Kunci : Bonek Malang Raya, Jaringan Sosial, Persebaya

 

Abstract

 

Bonek mania is one of the biggest supporters in Indonesia, which built a network with residents and some bonek mania communities that exist in several cities. The purpose of this research is to find social networks that built by Bonek Malang Raya with local residents and also to know the form of social network of some bonek communities near by Malang city. This reasearch use qualitative method and use Grannoverter’s social network theory, furthermore adopting Peter Blau’s social exchange theory that explain the relation between actor and structure that is in Bonek Malang Raya communities will be understood as the interaction, exchange, bergaining and the form of social network in that communities. This reassearch use obeservational techniques while data analysis using analysis descriptive .The result of this study showed that actors involved in social network links between Bonek Malang Raya with other bonek mania that existed in some other cities. In addition bonek malang raya community because their sense of loving and proud of persebaya surabaya, and same feeling of most a member of bonek malang raya community feast of lots derived from the city of surabaya. Then connected with the form of between residents and some bonek mania communities that existed in some other cities.

Keywords: Bonek Malang Raya, Social Networking, Persebaya

 

Published
2015-01-22
How to Cite
ALFA HASYIM, M. (2015). JARINGAN SOSIAL BONEK DI MALANG RAYA. Paradigma, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/10511
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 94