DEMAGOGI KONSUMSI : TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN SMARTSLIM

  • INDAH RUSIANTI

Abstract

Abstrak

Iklan merupakan media yang cukup efektif untuk mempromosikan sebuah produk. Keberadaan iklan dalam media, baik cetak maupun elektronik turut serta mempengaruhi keberhasilan penjualan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana eksistensi tubuh perempuan dalam iklan produk pelangsing smartslim di media cetak. Dengan pendekatan sosiologi tubuh dan analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini mampu untuk melihat adanya keterlibatan model perempuan dalam iklan pelangsing tubuh guna kepentingan eksistensi dan komoditi. Tubuh perempuan dengan beberapa kriteria tertentu seperti, bertubuh langsing, tinggi, berkulit putih, dan berhidung mancung mampu menarik pengiklan untuk dijadikan model iklan produk  pelangsing. Bukan tanpa alasan pengiklan  memilih perempuan dengan  kriteria tersebut untuk dijadikan model. Tubuh perempuan tersebut tanpa disadari telah menjadi konsumsi publik yang berarti tubuh bernilai sosial. Melalui penggunaan rangakian produk dari smartlsim dan model iklan yang menwan, diharapkan mampu menarik minat pembeli.

Kata kunci : Media iklan, tubuh perempuan, produk pelangsing.

 

Abstract

Advertising is a fairly effective media to promote a product. The presence ofadvertising in the media, both print and electronic participation affect the success ofthe product for sale. The purpose of this study is to describe how the existence ofwomen's bodies in advertising products slimming smartslim in print. With theapproach of the sociology of the body and the analysis of semiotics Roland Barthes, the study was able to see the involvement of women in advertising model slimming body to the interests and existence of the commodity. The female body with some specific criteria such as, slim-bodied, tall, fair skinned, and high-nosed able to attract advertisers to provide an advertising model slimming products. Not without reason advertisers choose women with these criteria to be used as a model. The female body has become the unwitting  public  consumption  which  means  the  body  of  social  value.  Through  the  use  of rangakian products of smartlsimand menwan ad, model expected is capable of attracting a buyer. Keywords : Media advertising, the female body, slimming products.

 

Published
2015-01-22
How to Cite
RUSIANTI, I. (2015). DEMAGOGI KONSUMSI : TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN SMARTSLIM. Paradigma, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/10529
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 65