KOMODIFIKASI WANITA DALAM FRANCHISE SUSU SEGAR DI KOTA KEDIRI

  • TITIS PUSPITA DEWI

Abstract

Abstrak

Perkembangan bisnis franchise terutama produk makanan maupun minuman kini menjadi hal yang biasa dan mudah diterima oleh masyarakat. Bahkan tidak jarang munculnya nama dan penggunaan ikon yang unik turut menjadi dasar berkembangnya industri ini. Tidak hanya kemunculan inovasi tersebut, beberapa praktek-praktek komodifikasi yang ada pada industri besar pun dapat sekali terjadi. Seperti halnya pada produk susu segar Mak Tam dan susu racik Mbok Darmi di kawasan Kota Kediri ternyata bukan hanya menjadi primadona minuman yang berasal dari susu sapi perah segar namun juga memuat komodifikasi wanita dalam pemunculan ikon dan penamaannya. Unsur penamaan menjadi semakin penting untuk mendongkrak minat dan ketertarikan konsumen. Namun dari penamaan maupun ikon yang digunakan ada yang terkomodifikasikan yaitu sosok perempuan. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik yang digunakan sebagai pisau analisis dalam membongkar komodifikasi wanita pada bisnis franchise susu sapi segar ini. Lepas dari penafsiran apapun yang berbeda, penelitian ini berusaha menyampaikan unsur pengalihan fungsi perempuan yang tidak hanya berperan di sektor domestik dengan fungsi reproduksinya yaitu menyusui (dalam arti sebenarnya) namun juga sebagai wanita karir yaitu penjual susu sapi segar  yang laku di pasaran (dalam arti tidak sebenarnya).

Kata Kunci: franchise, komodifikasi, wanita, susu segar

 

Abstract

Developing carries on business franchise particularly food product and also potion is now become commonplace and edge out accepted by society. Don't even rare its appearance name and unique icon purpose according as its amends basic industrial this. Not only emergence innovates that, severally practices of commodification whatever available on even big industry gets really happening. As well as on fresh milk product Mak Tam and Mbok Darmi's milk at Kediri City area to self apparently is not just become indigenous potion famous fresh dairy cattle milk but also loads commodification woman in icon and naming appearance it. Element naming becomes to get essential to jack up demand and consumer anxiety. But of naming and also icon that is utilized there is which to be commodification which is female figure. This research utilizes semiotic analyze who is utilized as analyze's knife in uncovers woman commodification on carries on this business franchise fresh cow milk.  Escape of interpretation whatever that different, researcher tries to pass on female logistic shift element one not only gets role at sectorallies domestic with logistic its reproduction which is breasts feed (in real mean) but also as career girl which is fresh cow milkman one that saleable at marketing (in mean is not actually).

Keywords: franchise, comodification, woman, fresh milk.  

Published
2015-01-23
How to Cite
PUSPITA DEWI, T. (2015). KOMODIFIKASI WANITA DALAM FRANCHISE SUSU SEGAR DI KOTA KEDIRI. Paradigma, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/10566
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 54