PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA INDONESIA DI DESA SUWARI KECAMATAN SANGKAPURA KABUPATEN GRESIK

  • NUR FAIZAH

Abstract

Abstrak

Orangtua merupakan pengambilan peran utama dalam mengasuh anak-anaknya. Terutama kedekatan anak terhadap ibu, karena ibulah yang mengandung, melahirkan, dan menyusui. Pengasuhan untuk pembentukan kepribadian anak yang baik adalah dimana orangtua tetap memprioritaskan kepentingan anak, akan tetapi orangtua juga mengendalikan anak. Cara pengasuhan orangtua yang bekerja dan tidak bekerja juga akan berbeda. Demikian juga dengan pengasuhan orang tua yang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi maupun latar belakang pendidikan yang rendah. Pengasuhan yang diterapkan didalam suatu keluarga juga berkaitan dengan jenis pekerjaan kedua orangtua.Sifat atau tingkahlaku anak antara anak yang benar-benar diasuh langsung oleh keluarga inti (ayah dan ibu), dengan anak yang diasuh oleh keluarga luar inti misalnya diasuh oleh keluarga lain seperti kakek dan nenek dikarenakan kedua orangtuanya sibuk bekerja di luar negeri. Masyarakat di Desa Suwari Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik memiliki kemampuan ekonomi yang berbeda. Hal ini terlihat dari sumber mata pencaharian masyarakat yang berbeda-beda pula, ada yang bermata pencaharian sebagai nelayan, petani, pedagang, wirausaha, Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan bermata pencaharian sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Penelitian ini akan menggunakan pendekatan konstruksi sosial. Dimana konstruksi sosial menurut Berger menjelaskan betapa realitas dalam kehidupan sehari-hari telah memberikan ingatan, kesadaran, dan pengetahuan yang membimbing tindakan pada sesuatu yang dianggap wajar. Indikasi seperti ini menerangkan bahwa makna dalam kehidupan sehari-hari tidak akan ada tanpa interaksi dan komunikasi dengan orang lain.

Kata Kunci: Pengasuhan orangtua, Keluarga TKI, Sosialisasi anak.

 

Abstract

Parents are taking a leading role in caring for their children. Especially the proximity of the child to the mother, because the mother who is pregnant, give birth, and breastfeeding. Parenting for the establishment of a good child's personality is one where the parents continue to prioritize the interests of the child, but parents also control the child. Way of parenting that works and does not work well would be different. Likewise, the care of parents who have high educational background and low educational background. Parenting that is applied in a family is also related to the type of work both parents. The nature or behavior of a child between children who really cared for directly by the nuclear family (father and mother), the child who was raised by a family outside the nucleus, for example cared for by another family like grandparents because both parents are busy working abroad. Rural communities in the District Suwari Sangkapura Gresik has a different economic capabilities. This can be seen from the livelihoods of different anyway, there are fishermen, farmers, traders, entrepreneurs, civil servants (PNS), and livelihood as Indonesian Workers (TKI). This study will use the social construction approach. Where the social construction of reality by Berger explains how the everyday life has given memory, awareness, and knowledge to guide action on something that is considered reasonable. Such indications explain that meaning in everyday life would not exist without interaction and communication with others.

Keywords: Parental care, TKI‘s family, socialization of children.

Published
2015-07-29
How to Cite
FAIZAH, N. (2015). PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA INDONESIA DI DESA SUWARI KECAMATAN SANGKAPURA KABUPATEN GRESIK. Paradigma, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/12448
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 39