PENGAJIAN VIRTUAL(Studi Tetang Motif Sebab dan Tujuan Ngaji dalam Dunia Virtual Bagi ODOJers di Komunitas One Day One Juz)

  • ANIS NUR LAILIYAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif sebab dan tujuan model mengaji dalam dunia virtual yang dilakukan oleh komunitas one day one juz. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi milik Alfred Schutz mengenai because motive dan in order to motive. Hasil dari penelitian ini adalah because motive disebabkan oleh latar belakang sosial, pendidikan, dan teknologi. In order to motive  adalah  motif tujuan sosial (menambah jaringan dan ingin menjadi seperti teman), motif tujuan ekonomi (mempromosikan barang dagangan), dan motif tujuan religi (membuat disiplin waktu ngaji, mengakrabkan diri dengan Al-Quran, ingin ada yang memotivasi, menjadi lebih terarah, dan ingin ada media).

Kata kunci: ngaji, virtual, ODOJers, One Day One Juz.

 

Abstract

The research aims to find because motive and in order to motive read through Qur’an in virtual world by ODOJers. The method used is the qualitative approach with phenomenology Schutz about because motive and in order to motive. The subject of research using snawball with primary data collection techniques participating observation and in-depth interview. The results of this research is because motive caused by social background, education, and technology. In order to motive is social purpose motive (add network and want to be like friends), economic purpose motive (promoting merchandise), and religious purpose motive (making disclipined read through Qur’an time, familiarizing the self with Qur’an, want any motivation, be more directionally, and want any media).

Keywords: ngaji, virtual, ODOJers, One Day One Juz.

Published
2015-08-02
How to Cite
NUR LAILIYAH, A. (2015). PENGAJIAN VIRTUAL(Studi Tetang Motif Sebab dan Tujuan Ngaji dalam Dunia Virtual Bagi ODOJers di Komunitas One Day One Juz). Paradigma, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/12581
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 55