REPRESENTASI DIRI DAN IDENTITAS VIRTUAL PELAKU ROLEPLAY DALAM DUNIA MAYA(‘Permainan Peran’ Hallyu Star Idol K-Pop dengan Media Twitter)

  • HATMI PRAWITA ACHSA

Abstract

Abstrak

Konsumsi atas budaya K-Pop yang menyebar di Indonesia,memunculkan kelompok penggemar yang merupakan bagian paling tampak dari khalayak media dan praktik budaya pop.Peran penggemar sendiri ditunjukkan dengan berbagai hal, salah satunya dengan adanya roleplay atau permainan peran. Para penggemar bermain peran dengan melibatkan diri mereka untuk menciptakan kedekatan dirinya dengan sang idola dengan melakukan roleplay. Melalui roleplay yang diparodikan, penggemar merepresentasikan diri, membentuk identitas virtual, dan mencoba untuk menuangkan imajinasinya dengan memainkan peran idola seperti yang dilakukan oleh sang idola dalam kehidupan sehari – hari dalam dunia virtual twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang representasi diri dan identitas virtual yang diciptakan oleh pelaku roleplay dalam dunia maya.Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori blogosphere M. Jacky. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif 2.0 dengan pendekatan analisis hacking untuk meneliti tentang dunia virtual dalam twitter para pelaku roleplay. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggemar melakukan aktivitas roleplay dengan merepresentasikan diri dan membentuk identitas virtual sebagai media untuk melakukan interaksi, pelepasan diri, dan memberikan kebebasan berekspresi. Para penggemar melakukan aktivitas roleplay untuk pemenuhan kebutuhan akan hasrat fanatisme terhadap sang idola dan menjadikan dirinya untuk memenuhi kebutuhan dan mampu meraih potensi yang diinginkan secara penuh dengan merepresentasikan diri dan membuat identitas virtual baru dalam dunia maya.

Kata Kunci : Roleplay, Representasi diri, Identitas virtual, K-Pop

Abstract

Consumption over K-Pop culture that spread in Indonesian, gave rise to a group of fans who are the most visible part of the audience of media and pop culture practices. The role of the fans itself indicated by various things, one of them with the roleplay game. The fans play a role by involving themselves to create the closeness to their idol by doing roleplay. Through the roleplay which parodied, the fans represent themselves, create the virtual identity, and tried to pour their imagination by playing the role of the idol as like what was done by the idol in everyday life in the virtual world twitter. This research aims to find out about self representation and virtual identity created by roleplay actor in cyberspace. The teory that used in this research is blogosphere theory M. Jacky. The method used in this research is qualitative method 2.0 by hacking analytical approach to research on virtual worlds in roleplay actor’s twitter. The result of the research indicated that the fans to do a roleplay activities to represent themselves and form a virtual identity as a medium for interaction, disengagement, and provide a freedom of expression. The fans doing roleplay activity to fulfill their need for fanaticism desire to the idol and make itself to meet the need and able to achieve the desired full potentional by representing themselves and create a new virtual identity in cyberspace.

Keywords:Roleplay, Self representation, Virtual identity, K-Pop

Published
2015-08-20
How to Cite
PRAWITA ACHSA, H. (2015). REPRESENTASI DIRI DAN IDENTITAS VIRTUAL PELAKU ROLEPLAY DALAM DUNIA MAYA(‘Permainan Peran’ Hallyu Star Idol K-Pop dengan Media Twitter). Paradigma, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/12966
Abstract Views: 646
PDF Downloads: 601