ETNOMETODOLOGI INTERAKSI SISWA ISLAM DENGAN SISWA NON-ISLAM DI SEKOLAH KATOLIK SMA SANTO CAROLUS SURABAYA

  • THERESIANA MILANNISIA

Abstract

Abstrak

Penelitian yang mempunyai tujuan untuk mengetahui berbagai macam bentuk interaksi siswa Islam yang berada di sekolah katolik (SMA Santo Carolus Surabaya) ini dapat dilihat menggunakan pendekatan Etnometodologi. Pendekatan yang mengunggulkan teknik observasinya ini menggambarkan berbagai macam bentuk interaksi siswa islam dengan siswa non-islam yang berada di dalamnya.  seperti halnya interaksi yang mereka lakukan melalui sebuah percakapan. Sebagai teori yang digunakan dalam penelitian ini, yakni teori “analisis percakapan” milik H. Garfinkel, memaparkan jika adanya ungkapan atau bahasa yang digunakan ketika mereka melakukan sebuah percakapan. Ungkapan atau bahasa ini dibedakan menjadi  2 yakni indeksikal dan ilmiah. Selain ungkapan atau bahasa yang dapat ditemui adanya pengategorian karakteristik siswa Islam yang didasari dengan pandangan mereka terhadap kekatolikan yang ada di sekolah tersebut.

Kata Kunci : interaksi siswa islam,indeksikal dan ilmiah, etnometodologi, kekatolikan

Abstract

This study aims to determine the various forms of interaction of Islamic students who are in Catholic schools (Santo Carolus Surabaya SHS) can be seen using ethnomethodology approach. Approaches that favor this observation techniques describe various forms of Islamic student interaction with non-Islamic students who are in it. as well as the interaction that they do through a conversation. As the theory used in this study, the theory of "conversation analysis" of H. Garfinkel, explained if the expression or the language used when they conduct a conversation. Expression or language are divided into two namely indexical and scientific. In addition to expression or language that can be found for the characteristic categorization of islam students that is based on the their views on Catholicity that exist in the school.

Keywords: Islamic student interaction, indexical and scientific, ethnometodology, catholicity

Published
2015-08-20
How to Cite
MILANNISIA, T. (2015). ETNOMETODOLOGI INTERAKSI SISWA ISLAM DENGAN SISWA NON-ISLAM DI SEKOLAH KATOLIK SMA SANTO CAROLUS SURABAYA. Paradigma, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/12978
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 92