PENGARUH STATUS EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 JOMBANG

  • MUHAMMAD BANGUN QIAN SANTANG

Abstract

Abstrak

Pendidikan di indonesia pada saat ini adalah salah satu cara untuk membangun negara ini. Dimana pada saat ini pendidikan sudah diwajibkan untuk seluruh warga negara inidonesia dan sesuai dengan UU RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Namun dalam realita masih banyak anak – anak Indonesia tidak mengenyam bangku pendidikan dikarenakan status ekonomi orang tua. Status ekonomi orang tua terdapat tiga tingkat yaitu: tinggi, sedang, dan rendah yang sudah ditentukan oleh pihak BPS. Status ekonomi orang tua ini sangat berperan penting untuk menunjang motivasi belajar siswa agar dapat merasakan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian seluruh orang tua dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Jombang berjumlah 402 siswa. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan menyebarkan angket terhadap siswa dan orang tua siswa SMP Muhammadiyah 1 Jombang dan setelah mendapatkan data tersebut akan dikelola menggunakan uji korelasi product moment.Hasil dari penelitian nilai dari korelasi yang menggunakan uji korelasi product moment adalah r = 0,027 dan tabel r dengan sampel 402 pada taraf signifikan 5% = 0,098 dan taraf signifikan 1% = 0,128. Dari hasil tersebut dalam penelitian ini Ho diterima.

.

Kata Kunci: Pendidikan, Status Ekonomi, Motivasi Belajar.      

Abstract

Education in indonesia at this point is one way to build this country .Where now the education is already required to all citizens inidonesia and in accordance with Act RI No.20 2003 on the national education system .But in reality still many children indonesians not enjoy a bench education because status the economy of the old .Status the economy of the old there are three: high level , and , and low that had been determined by the bps .Economic status this old man play an important role important to support the motivation to study students to could feel education in indonesia .This research used a quantitative approach with the subject of study all parents and junior high school students muhammadiyah 1 jombang were 402 students. The data collected by using interviews and spreading survey of students and parents junior muhammadiyah 1 jombang and after getting the data will use correlation managed the product moment .The results of the study of the correlation using the correlation product moment is r = 0,027 and table r with 402 on sample standard significant 5 % = 0,098 and standard significant % = 0,128 1 .From the result in this research Ho accepted.

 

Keywords:Education, Economi Status, Student Motivation.

Published
2016-07-26
How to Cite
BANGUN QIAN SANTANG, M. (2016). PENGARUH STATUS EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 JOMBANG. Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16346
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 32